Tak Perlu Minta Maaf Kepada Susno Duadji

Tim pengacara pengajar Kajian Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia, Bambang Widodo Umar, meyakini bahwa berpendapat di media massa dijamin oleh konstitusi, yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Demikian ditulis Kompas (26/12)

Susno Duadji

Mengingat hal itu, tim pengacara menganggap tidak perlu ada permintaan maaf seperti yang dituntut oleh Komisaris Jenderal Susno Duadji melalui somasinya kepada Bambang Widodo.

”Kita tidak merasa perlu untuk meminta maaf apalagi disampaikan dengan cara memberi peringatan batas waktu segala. Cara-cara seperti ini seperti menunjukkan arogansi kekuasaan,” kata Taufik Basari, salah satu anggota tim pengacara.

Selain Taufik Basari, tim pengacara Bambang Widodo terdiri atas Irfan Melayu, Andi Asmoroputro, Bambang Widjojanto, Iskandar Sonhadji, dan Virza Roy Hizzal.

Bambang disomasi oleh mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komisaris Jenderal Susno Duadji sebanyak dua kali, yakni pada Kamis (17/12) dan Senin (21/12). Somasi itu terkait pendapat Bambang yang dikutip Koran Tempo, Senin (14/12), berjudul ”Calon Wakil Kepala Polri Diminta Tak Bermasalah”.

Pengacara Susno, Johnny Situwanda, mengatakan, jika somasi itu tidak ditanggapi hingga Kamis (24/12), pihaknya akan melanjutkan proses hukum pencemaran nama baik. Hingga Kamis lalu somasi itu tidak ditanggapi Bambang.

Sebelumnya, pengacara Susno juga menyampaikan keberatan atas pernyataan Divisi Humas Mabes Polri yang menyebut bahwa somasi tersebut tidak mewakili institusi Polri.

Susno dicopot dari jabatannya pada 24 November. Namun, Mabes Polri tak menyebut pencopotan itu terkait dengan suatu pelanggaran. Susno sendiri sebelumnya menjadi sorotan publik terkait dengan isu kriminalisasi Komisi Pemberantasan Korupsi.

”Saat ini Polri sedang berupaya membangun kembali citranya dan memulihkan kepercayaan masyarakat. Tentunya langkah seperti ini (somasi) dapat kontraproduktif terhadap upaya-upaya tersebut,” ujar Taufik Basari. (Kompas)

Explore posts in the same categories: Hukum

Tags: ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: