Anwar: Ini Menggarong Kas Negara Lewat LPS

Anwar Nasution, mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan dan mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, sependapat dengan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyebut Bank Century kolaps karena ‘dirampok’ pemiliknya sendiri.

Anwar Nasution

Dengan demikian, Anwar masih tidak setuju dengan alasan sistemik yang jadi pertimbangan untuk mengucurkan dana talangan Century dalam Rapat Komite Stabilitas Sektor Keuangan, 21 – 22 November 2008 lalu.

“Bank ini kolaps karena perilaku dari tauke-nya. Terus menerus mencuri. Jadi tidak ada kaitan itu antara krisis ekonomi global dengan kolapsnya Century,” kata Anwar usai melayat ekonom Frans Seda di rumah duka, 31 Desember 2009.

Tidak hanya itu, bahkan Anwar menilai ‘perampokan’ yang dilakukan pemilik Bank Century akhirnya menimbulkan kerugian negara. “Ini menggarong kas negara lewat LPS (Lembaga Penjaminan Simpanan),” ucap Anwar.

Anwar menyesalkan dana sebesar Rp 6,7 triliun kas negara yang digunakan. “Padahal kita masih berhutang pada luar negeri. Bukannya membantu orang miskin tapi malah membantu dua orang ini [Rafat Ali Rizvi dan Hessam Al Waroq],” tutur Anwar.

Menurut Anwar, penyakit suatu bank ditularkan ke bank lain lewat pasar antarbank atau lewat pasar devisa. “Dan ini peranannya kecil sekali di sini,” jelas Anwar.

Anwar juga tidak mempercayai alasan aspek psikologis yang terjadi jika Bank Century ditutup. “Aspek psikologis itu kan bisa kalau ditangani dengan baik. Saya tdk percaya itu,” lanjutnya.

Anwar mencontohkan saat aktif sebagai Dewan Gubernur Senior BI, ada pembubaran tiga bank yang lebih besar dari Century. Bank itu adalah UniBank, Bank Dagang Bali, dan Bank Asiatic. “Dan tidak ada masalah tuh,” kata Anwar.(VIVA News)

Explore posts in the same categories: 1

Tags: , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: